Selasa, 10 Juni 2014

LAPORAN PRAKTEK KEWIRAUSAHAAN
Tugas ini disusun sebagai tugas mata kuliah Kewirausahaan
Dosen  Pengampu :Siti Sumartiyah. S.H M.Hum.







                                                               Disusun oleh :

1.    M.Syaban Subekti                      (11 015 001)
2.    Tomi Rochmat P                         (11 015 024)
3.    Anang Gumilar W                      (11 015 027)





PRODI  PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA
YOGYAKARTA
2013


Pendahuluan
            Dalam mengahadapi tantangan bisnis termasuk menghadapi customer maka sebagai mahasiswa kita juga harus belajar berinovasi serta bagaimana memasarkan suatu produk. Dalam  tugas akhir mata kuliah kewirausahaan ini kami mencoba melakukan sebuah usaha sederhana guna mendapatkan pembelajaran untuk menjadi seorang wirausahawan, dimana kelompok kami terdiri : M.Syaban Subekti , Tomi Rochmat P, Anang Gumilar W.
            Usaha yang kami jalankan merupakan usaha singkat yang mungkin bisa menjadi peluang bagi setiap individu untuk masa yang akan dating. Saat ini kami mencoba menawarkan Accessories seperti gelang dari tali,gelang dari kayu dan kalung  di ruang  hall gedung PGSD . Tujuan usaha ini merupakan sebuah pencapaian tujuan usaha yaitu profit, akan tetapi tidak hanya profit saja yang kami coba temukan, melainkan penekaan pada pengalaman-pengalaman dalam sebuah proses wirausaha. Karena itu, melalui penjualan dan pemasaran ini kami di tuntut berkreasi untuk mengemas produk agar tampak menarik, berinteraksi secara langsung dengan customer, bagaimana cara menawarkan produk dengan baik dan sopan, membujuk serta meyakinkan customer untuk membeli produk yang kita tawarkan dan memberikan pelayanan yang terbaik agar customer merasa puas.


A.  Data Usaha Accessories ‘’Atbi Accessories’’
1.  Nama Accessories    : Atbi Accessories
2.  Bidang Usaha         : Handmade (Buatan Tangan)
3.  Jenis Produk/Jasa    : Usaha Dagang
   
B.       Pelaksanaan Kegiatan
                  Waktu dan Tempat
            Hari/Tanggal   : Jum’at, 22 November 2013
            Waktu                         : 08.00 – 10.30
            Kegiatan ini kami lakukan di Hall gedung PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dengan target penjualan  adalah  para mahasiswa dan  mahasiswi . Dalam kegiatan ini kami hanya memproduksi accessories sebanyak 55 buah.
C.      Proses Produksi
Dalam Proses pembuatan accessories ini, kami kerjakan 3 hari sebelum di jual dan di pasarkan. Adapun bahan-bahan dan peralatan yang di butuhkan :
Peralatan :
1.      Gunting
2.      Jarum
Bahan pembuatan Accessories  :
1.      Tali
2.      Manik-manik
Proses Produksi Pembuatan Accessories :
·      Cara membuat gelang dari tali :
Siapkan 2 tali yang berbeda warna dengan panjang ± 1,30 meter. Tali yang pertama di potong sepanjang ± 38 cm sebanyak 3 kali dan tali yang kedua dipotong sepanjang ± 20 cm.Kemudian tali yang sudah dipotong tersebut lalu di jadikan satu dan di ikat, setelah itu kita anyam/kepang sesuai dengan panjang yang dibutuhkan.
·       Cara membuat gelang dari kayu/manik-manik :
Siapkan tali yang berwana hitam dan manik-manik dari kayu. Masukkan manik-manik tersebut ke tali yang sudah disediakan. Banyaknya manik-manik yang dimasukkan ke tali disesuaikan dengan kebutuhan. Setelah itu ikat tali tersebut supaya manik-manik tidak renggang,dan gelang dari kayu siap di edarkan.

·      Cara membuat kalung dari tali :
Siapkan tali yang berwarna hitam,bandul dan beberapa manik-manik dari kayu. Masukkan beberapa manik-manik dan bandul ke tali tersebut.Kemudian ikat tali tersebut.
Kalung siap dipasarkan.

D.      Pemasaran
            Untuk memperkenalkan produk  kami kepada market potential, diperlukan suatu proses pemasaran yang tepat, yaitu suatu proses yang meliputi:1) Menganalisis peluang pemasaran 2) Menyeleksi pasar sasaran 3) Megembangkan bauran pemasaran, dan 4) Mengatur usaha pemasaran Accessories, sebagai salah satu kerajinan tangan yang sangat dibutuhkan dan diminati oleh seluruh calon konsumen, memiliki peluang yang besar untuk menembus pasar dikalangan masyarakat.Proses pemasaran yang kami lakukan yaitu dengan cara promosi lengsung kepada customer, serta teknik menjemput bola. Dalam hal ini kami mencoba untuk menawarkan accessories yang merupakan hasil produksi kami, hanya saja dengan produk yang baru dan harga yang terjangkau oleh semua mahasiswa. Kami menawarkan accessories yang telah kami buat dengan one by one , sehingga calon pembeli tertarik untuk membeli produk kami. Serta kami juga melakukan pemasaran dengan menawarkan langsung kepada mahasiswa dengan berkeliling kampus.
E.       Penjualan
            Dengan melakukan tahap-tahap diatas kami berusaha untuk membujuk costumer agar tertarik perhatianya pada produk kami sehingga pada akhirnya bisa melakukan pembelian atau transaksi. Penjualan merupakan perlengkapan dari transaksi, karena kegiatan penjualan di lakukan sebagai hasil dari serangkain pemasaran yang meliputi : menemukan costomer, pengenal prodak, negoisasi harga serta syarat-syarat pembayaran. Alhamdulilah produk yang kami buat diminati oleh mahasiswa. Pada setiap akhir proses penjualan , kami tak lupa untuk berterima kasih kepada customer dan meminta untuk kembali lagi bila produk kami memuaskan.
F.       Hasil dan Pembahasan
            Kegiatan ini kami lakukan agar mendapat sebuah pengalaman dan pembelajaran untuk menjadi seorang wirausahawan yang handal di samping mendapatkan profit. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa, khususnya bagi kami, karena dengan melakukan kegiatan seperti ini maka kami mendapatkan sebuah pembelajaran untuk menjadi seorang wirausahawan yang baik dan dapat berinteraksi dengan orang banyak.
            Dari keseluruan kegiatan yang telah kami lakukan, kami dapat menganalisis usaha yang kami jalankan ini sebenarnya cocok untuk dilaksanakan secara continue, baik di dalam lingkungan kampus maupun di rumah karena pasar yang potensial dan bisa di terima di masyarakat serta pembuatanya mudah
G.      Analisis Peluang Usaha
·      Kekuatan :
1. Harga Terjangkau
2. Kualitas terjamin
3. Bentuk bervariasi dan  Innovative
4. Bahan berkualitas dan awet
·      Kelemahan :
1. Proses pembuatan gampang susah
2. Sumber daya manusia yang sulit untuk mempelajari pembuatan Gelang
·      Peluang :
1. Permintaan yang selalu ada
2. Bahan baku yang mudah di dapat
3. Pesaing besar relatif terbatas
·      Ancaman
1. Munculnya pesaing baru.
2. Bahan baku dipusat sudah habis.Sehingga terjadi hambatan

H.      Kendala penjualan
            Secara keseluruan,kami tidak banyak menemui hambatan penting pada saat pratek kewirausahaan kemarin. Baik proses produksi, pemasaran maupun penjualan. Hanya saja pada waktu kami berjualan itu hari jumat dan waktunya itu tidak terlalu panjang karena terbentuk dengan waktu solat jumat . serta salah satu dari teman kami harus mengahadiri kuliyah pada jam ke 07.30 , sehingga ia mumutuskan untuk tidak mengahadiri kegiatan perkuliyahan seperti biasanya

I.         LAPORAN ANGGARAN
A. Biaya Usaha ( Biaya Produksi & biaya Operasional )
Bahan
Jumlah
Harga per unit/kg
Total
1. Tali
Warna hitam ( kecil )
Warna hitam ( besar )
Warna biru
Warna Orange
Warna Putih
Warna Coklat
Warna Merah
Warna kuning
Manik kayu dadu
Manik kayu ( padi )
Manik kayu lonjong
Bandul Kalung
Ring


1 pak
10 meter
1 pak
7 meter
7 meter
7 meter
7 meter
7 meter
½ ons
¼  ons
½ ons
¼  ons
1 bungkus


Rp. 6000
Rp. 7000
Rp. 6000
Rp. 3500
Rp. 3500
Rp. 3500
Rp. 3500
Rp. 3500
Rp. 6000
Rp. 5000
Rp. 6000
Rp. 4500
Rp. 2000


Rp. 6000
Rp. 7000
Rp. 6000
Rp. 3500
Rp. 3500
Rp. 3500
Rp. 3500
Rp. 3500
Rp. 6000
Rp. 5000
Rp. 6000
Rp. 4500
Rp. 2000
 


Rp. 60.000

2. Packing



3.biaya operasional lainnya

Total biaya produksi dan operasional


Rp. 60.000


B. Hasil Produksi
Jenis
Jumlah
Harga/set
Total
Set sisa
1. Gelang Kayu
2. Gelang Tali
3. Kalung

23 Buah
21 Buah
11 Buah
Rp. 1000
Rp. 1500
Rp. 1500
Rp. 23.000
Rp. 31.000
Rp. 16.500

Sold out
Total pendapatan yang diterima
Rp. 70.500

Hasil produksi tersebut belum semua bahan dibuat,karena waktu pembuatannya yang terbatas,oleh karena itu kami hanya membuat accessories sebanyak 55 buah saja. Hal ini berarti bahwa harga produk ini sangat kompetitif dan siap bersaing dengan produk accessories yang sebelumnya telah ada di pasaran. Pada prinsipnya, semakin banyak penjual yang menawarkan produk yang serupa, semakin terbuka kesempatan untuk memilih produk yang sesuai.
C. Hasil Penjualan
Jumlah pendapatan                                                                      Rp. 70.500
Modal yang dikeluarkan                                                              Rp. 60.000
Total laba                                                                                     Rp. 10.500

Karena waktu berjualan hanya 2 ½ jam saja,jadi tidak semuanya accessories terjual ,dan accessories yang terjual yaitu :
Jenis
Jumlah
Terjual
Harga/set
Total
1.    Gelang Kayu
2.    Gelang Tali
3.    Kalung
23 Buah
21 Buah
11 Buah
23 Buah
12 Buah
  3 Buah
Rp. 1000
Rp. 1500
Rp. 1500

Rp. 23.000
Rp. 23.500
Rp.   4.500

TOTAL
55 Buah
38 Buah

Rp.51.000

Jadi kerugian yang kami alami adalah :
Modal yang dikeluarkan – produk yang terjual
Rp.60.000,00 – Rp.51.000,00 = Rp.9000,00



Kesimpulan
Perencanaan Bisnis adalah suatu langkah penting yang perlu diambil oleh pengusaha bijaksana, tanpa memandang ukuran bisnis. Dalam dunia bisnis perencanaan tidak boleh diabaikan ,apalagi untuk pencapaian tujuan dalam dunia bisnis diperlukan pengorbanan yang sangat besar. Apakah itu modal, tenaga, pikiran ataupun pengorbanan-pengorbanan yang lain.Sehingga dalam perencanaan bisnis hendaknya dilakukan secara cermat, akurat serta dapat meyakinkan. Tolak ukur dari sebuah usaha yang akan dijalankan adalah adanya Perencanaan bisnis yang tepat dalam membangun sebuah usaha. Perencanaan ini merupakan kumpulan dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang ataupun jasa dengan menghasilkan profit yang tinggi dan menarik bagi investor, untuk menanamkan modalnya kepada produk kita.
Selain itu dari kegiatan yang telah kami lakukan adalah bahwa mahasiswa sangat memerlukan proses pembelajaran seperti ini. Dimulai dari memproduksi hingga menawarkan dan menjual prodak yang menjadi cirri khas kita dapat bermanfaat untuk pembelajaran menjadi seorang wirausahawan yang handal dan sukses. Kita dapat mempelajari secara langsung teknik-teknik yang dapat mendukung keberhasilan dan kelanjutan usaha. Dapat kami simpulkan bahwa modal bukanlah segalanya dalam dunia usaha seperti ini, asalkan ada niat, kemampuan yang keras dan keinginan yang kuat untuk berusaha pasti kita bisa melakukanya. Kita juga harus benar-benar melihat peluang yang ada serta berbagai hal yang penting seperti segmentasi, target dan positioningnya.
  
SARAN
Seorang wirausaha/pebisnis yang sukses pasti pernah mengalami kegagalan,dan mereka yang sudah niat dalam berwirausaha pasti akan terus bangkit dan akhirnya sampai pada kesuksesan.Hal tersebut menandakan bahwa kita tidak boleh menyerah dalam melakukan suatu pekerjaan yang kita sukai atau cintai,apabila kita gagal dalam melakukannya ya kita berusaha terus untuk bangkit,dan apabila belum berhasil jga ya kita bangkit lagi,gagal bangkit lagi,karena ada banyak cara untuk menjadi wirausaha yang sukses dan jadikan kegagalan tersebut sebagai acuan untuk menjadi lebih baik lagi.
            Wirausaha yang sukses juga harus mempunyai kemampuan ,keterampilan dan kecerdikan dalam melakukan sistem kerjanya,karena hal tersebut sebagai acuan bagi pewirausaha lain yang ingin belajar untuk menjadi pewirausaha yang handal.
            Dalam bukunya Robert T Kiyosaki yang berjudul The cash flow quadrant mengatakan bahwa ‘’Rumus sukses dalam berbisnis/berwirausaha adalah 1% teori dan 99% action.

1 komentar: